Cara Merawat Baterai Android Agar Awet Dan Tahan Lama

Cara Merawat Baterai Android Agar Awet Dan Tahan Lama

Cara Merawat Baterai Android Agar Awet – Bagi pengguna HP (android) sering kali lupa akan perawatan baterai. Padahal, dengan melakukan perawatan akan sangat membantu dalam menjaga umur baterai tersebut. Walaupun tidak dipungkiri jika baterai android lama kelamaan bisa mengalami kerusakan / mati.

Bahkan menurut situs batteryuniveristy dikatakan bahwa baterai Li-ion memiliki masa pakai 3 tahun dengan 500 siklus pengecasan. Dengan adanya hal tersebut kita pun jadi tahu bahwa baterai Li-ion tidak akan bekerja optimal setelah lebih dari 3 tahun. Info lengkapnyanya silahkan klik disini.

Namun, masih banyak HP android yang baru berurmur 2 tahun baterainya sudah mengalami kerusakan, seperti kembung ataupun bocor. Tentu kejadian seperti ini harus kita antisipasi dengan cara merawat baterai android tersebut.

4 Cara Merawat Baterai Android Agar Awet dan Tahan Lama.

Cara Merawat Baterai Android Agar Awet Dan Tahan Lama

Dalam postingan kali ini teknomania akan membagikan tips cara merawat baterai android agar awet dan tahan lama. Selain untuk merawat baterai HP Li-Ion, tips dibawah ini juga bisa kamu terapkan di baterai Li-Po. Jadi langsung saja simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

1. Hindari pemakaian charger lain.

Bukan tanpa alasan jika kamu dilarang menggunakan Charger lain, dan harus memakai Charger bawaan atau Original. Pasalnya sering menggunakan charger yang bukan bawaan dalam jangka panjang, tentu akan memberikan dampak negatif pada baterai tersebut.

Sebab tegangan yang diberikan oleh charger lain tidak sesuai dengan yang ditentukan. Jika tegangan yang di berikan lebih tinggi dari yang ditentukan, hal ini akan membuat baterai tidak stabil. Beda lagi dengan Charger asli yang mana tegangannya sudah disesuaikan dengan baterai tersebut.

2. Hindari suhu tinggi pada baterai.

Ketika memainkan HP, seringkali kali kita mengabaikan suhu baterai. Apalagi ketika bermain game, saking serunya tanpa sadar HP sudah terasa seperti setrikaan.

Jika ingin baterai HP-mu awet, sebaiknya segera hindari aktivitas semacam ini. Karena suhu yang panas akan menekan baterai tersebut dan membuatnya kehilangan kapasitas baterai lebih cepat. Alhasil baterai tersebut tidak akan berumur panjang. Selain dari pemakaian, suhu ruangan yang tinggi juga berpengaruh. Karena ruangan yang panas akan membuat HP cepat panas.

Setelah HP terasa panas segera hentikan pemakaian dan istirahatkan sejenak sampai suhu baterai kembali normal (20 – 30°C).

3. Baterai lebih baik tidak diisi penuh.

Mungkin sebagian pengguna akan sedikit bingung dengan cara merawat baterai android satu ini. Menurut situs Batteryuniversity, untuk baterai Li-ion tidak perlu diisi sampai penuh. Bahkan lebih baik diisi hanya sebagian dan gunakan tegangan yang lebih rendah untuk memperpanjang umur baterai. Tetapi hal ini akan membuat baterai terisi lebih lama. Dan idealnya pengisian baterai Li-Ion berada pada titik 85%.

Selain itu, ketika baterai terasa panas saat melakukan pengisian kamu bisa menghentikan pengisian sementara waktu agar suhu baterai kembali dingin.

Kamu pun tidak boleh memainkan HP yang sedang di Cas, apalagi untuk main game atau nonton video. Karena aktivitas semacam ini bisa menghabat arus yang masuk dan bisa menghasilkan beban parasit. Lebih baik matikan perangkat ketika ingin di cas.

4. Kondisi baterai jangan sampai 0%.

Membiarkan baterai sampai 0% bukanlah hal yang bagus. Apalagi hal ini dilakukan berulang – ulang, tentu akan memberikan dampak negatif pada baterai itu sendiri.

Sebaiknya kamu lakukan pengisian ketika kondisi baterai berada di titik 25% atau pada saat muncul peringatan baterai kehabisan daya.

Baca Juga :

Nah itulah tips merawat baterai android agar awet dan tahan lama yang bisa teknomania bagikan. Semoga tips diatas bisa membantu kamu dalam melakukan perawatan baterai android. Terimakasih sudah berkunjung.

About the Author: Teknomania

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *