Cara Mengatasi HP Kena Air Agar Tidak Rusak Parah

Cara mengatasi hp kena air agar tidak mati total

Cara mengatasi HP kena air – Perasaan terkejut dan sedih tentu tidak bisa kita hindari, di saat melihat HP kesayangan jatuh kedalam air. Wajar jika kita sedih, apalagi HP bukanlah barang murah dan kita pun membelinya dengan hasil keringat sendiri. Memang ada banyak kasus yang membuat HP rusak setelah terjatuh ke air. Tapi, hal tersebut bisa kamu hindari asalkan dengan penanganan yang tepat. Walapun tidak menjamin 100%, setidaknya masih ada kemungkinan HP-mu selamat.

Ada beberapa hal yang harus kamu hindari setelah melihat HP jatuh kedalam air.

  • Ketika melihat HP jatuh ke air, kamu harus segera mengambilnya. Setelah itu biarkan HP dalam keadaan mati dan jangan dibiarkan menyala. Jika posisi HP masih nyala saat di ambil, lebih baik kamu matikan. Untuk berjaga – jaga supaya tidak ada komponen yang rusak. Supaya lebih aman keluarkan baterai dari HP-nya dan simpan di tempat kering dan aman.
  • Jangan menekan tombol apapun ataupun meniup HP. Hal ini bisa menyebabkan air masuk lebih dalam.
  • Dan yang paling fatal, jangan dicas kalau HP belum benar – benar kering.

4 Cara Mengatasi HP Jatuh Kena Air Agar Tidak Mati Total.

Ketiga poin diatas merupakan aktivitas yang harus kamu hindari setelah melihat HP jatuh ke air. Selanjutnya kamu bisa ikuti panduan cara mengatasi HP jatuh kena air berikut ini.

1. Bongkar HP yang kena air.

Maksud dari bongkar HP disini adalah kamu hanya perlu melepas casing belakang, copot baterai, SIM Card, dan Micro SD. Selanjutnya, letakan semuanya di tisue atau lap kering.

Itu saja sebenarnya sudah cukup. Kamu tidak perlu mencopoti komponen – komponen lain yang mungkin cukup sulit untuk dilakukan oleh pemula. Tapi jika kamu paham soal jeroan HP, tidak masalah jika ingin mencopoti semuanya. Dan harus tetap hati – hati, jangan sampai salah. Bisa – bisa keadaannya malah semakin memburuk.

2. Keringkan bagian luar HP.

Setelah melakukan langkah diatas, kamu bisa keringkan bagian luar HP. Caranya dengan menggunakan tisu atau kain kering. Lap permukaan luar HP secara perlahan sampai kering. Dan jangan terlalu banyak menggoyang – goyangkan HP, agar airnya tidak semakin melebar.

3. Kamu bisa gunakan Vacuum Cleaner.

Gunakan vacuum untuk mengeringkan HP yang jatuh ke air

Jika kamu punya Vacuum Cleaner atau penyedot debu di rumah, kamu bisa memanfaatkan alat itu untuk menyedot sisa – sisa air yang tidak terjangkau oleh lap tadi. Meniup memang tidak diperbolehkan, tapi kalo menyedot airnya adalah langkah yang baik. Nah, Vacuum Cleaner yang harus kamu gunakan adalah vacuum cleaner yang berukuran kecil. Seperti yang ada di gambar atas.

Baca Juga :

4. Gunakan beras untuk mengeringkan HP yang kena air.

Memperbaiki Hp yang kena air menggunakan beras dan silica gel

Beras pasti ada di setiap rumah. Tapi, tak banyak yang tahu bahwa bahan pokok ini bisa digunakan untuk memperbaiki HP yang kena air. Beras menjadi salah satu bahan yang mampu menyerap kelembaban dengan cepat. Jadi menaruh HP di dalam kantung berisi beras merupakan langkah yang tepat untuk membuat HP-mu benar – benar kering. Taruh HP-mu disana selama 2 – 3 hari.

Selain beras, sebenarnya ada bahan lain yang sangat efektif untuk mengeringkan HP yang kena air, yaitu dengan menggunakan Silica gel. Bagi yang belum tahu apa itu Silica Gel, barang ini sering kamu temukan dalam box sepatu atau elektronik.

Setelah HP benar – benar kering kamu bisa coba hidupkan. Tapi, jika HP-mu tetap mati setelah menggunakan semua cara diatas, pilihan terakhir bawahlah ke tukang service. Mungkin ada beberapa komponen yang sudah rusak.

Untuk mencegah hal yang sama terulang lagi, kamu bisa gunakan Case Waterpoof jika sedang berjalan di area yang banyak airnya. Case semacam ini sudah banyak di jual di berbagai konter HP atau toko online.

Tapi jika kamu punya uang lebih tidak ada salahnya untuk beli HP yang tahan air. Karena di jaman sekarang, sudah banyak bermunculan HP – HP canggih tahan air. Salah satunya, SAMSUNG A8. Harganya memang mahal, tapi HP ini bisa tahan air sampai kedalaman 1.5 meter.

Itulah tips yang bisa saya bagikan mengenai cara mengatasi HP kena air agar tidak rusak. Jika kamu punya tips lainnya yang belum saya sebutkan, bisa dibagikan di kolom komentar. Terimakasih sudah berkunjung.

About the Author: Teknomania

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *