Cara Mengatasi HP Android Lemot Agar Makin Lancar

Cara Mudah Mengatasi Android Lemot

Lemot atau lelet merupakan masalah yang dibenci oleh banyak pengguna smartphone (android). Pasalnya kinerja android yang lelet sangat menggangu kita dalam mengoprasikan perangkat tersebut. Kamu pun pasti merasakan betapa menjengkelkannya punya HP dengan kinerja yang lelet.

4 Cara Mengatasi Android Lemot Agar Kembali Ngebut.

Cara Mudah Mengatasi Android Lemot

Nah, buat kamu yang ingin meningkatkan kinerja HP android agar tidak lemot. Dalam postingan kali ini teknomania punya tips menarik yang bisa membantu kamu untuk mendapatkan peforma HP lebih cepat. Karena disini teknomania akan membagikan tutorial mengenai cara mengatasi android lemot. Jadi langsung saja ikuti panduannya dibawah.

1. Hapus Semua Cache Android.

File cache adalah alasan yang membuat kinerja android jadi menurun. Kenapa? Jika Cache dibiarkan menumpuk tentu akan memenuhi ruang penyimpanan dalam perangkat dan hal ini bisa membebani kinerja android, alhasil perangkat tersebut jadi lemot.

Untuk itulah kamu harus rajin membersihkan Cache yang tersimpan android. Setidaknya bersihkan cache 2 hari sekali atau setiap hari untuk mendapatkan hasil lebih baik.

Untuk menghapus cache di android kamu bisa memanfaatkan aplikasi Cleaner. Bisa aplikasi Cleaner bawaan HP atau menginstall aplikasi pihak ketiga. Bagi yang ingin menginstall aplikasi pihak ketiga kamu bisa gunakan cleaner yang di kembangkan langsung oleh google. Untuk linknya bisa klik disini.

2. Memori Internal Jangan Sampai Penuh.

Setiap smartphone tentu mempunyai kapasitas memori yang berbeda – beda. Mulai dari 8GB hingga ratusan GB. Nah sudah sewajarnya pengguna menjaga kapasitas memori pada perangkat agar tidak full. Karena seperti yang sudah di sebutkan diatas, memori yang penuh bisa menyebabkan android lemot.

Maka dari itu, kamu harus lebih bijak dalam menginstall aplikasi ataupun game. Jadi jangan terlalu boros, apalagi untuk HP yang memiliki kapasitas penyimpanan kecil. Lebih baik install aplikasi yang penting dan sering digunakan. Untuk aplikasi atau game yang sudah tidak terpakai lebih baik hapus saja.

Bagi yang memiliki kartu memori, manfaatkan memori tersebut untuk menyimpan file seperti lagu, foto, video. Dan jika bisa, aplikasi yang tersimpan di internal kamu pindahkan ke kartu memori.

Perhatikan juga ketika ingin melakukan update aplikasi. Sebelum update, periksa kapasitas memori terlebih dulu. Jika kapasitas minim lebih baik hapus beberapa file untuk mengosongkan ruang penyimpanan. Setelah itu kamu bisa perbarui aplikasi tersebut. Kamu juga tidak perlu meng-update semua aplikasi, pilih beberapa aplikasi yang benar – benar membutuhkan pembaruan.

3. Jangan terlalu banyak membuka aplikasi dalam waktu bersamaan.

Salah satu hal menarik yang bisa dilakukan oleh HP android ialah aktivitas multitasking. Multitasking sejatinya sangat membantu pengguna dalam mengoprasikan smartphone. Karena kita bisa menjalankan lebih dari 2 aplikasi dalam waktu bersamaan.

Namun, aktivitas multitasking nyatanya bisa memberikan dampak negatif pada perangkat itu sendiri. Mulai dari baterai cepat habis dan panas, serta bisa membuat peforma android lelet. Maka dari itu, lebih baik kamu hindari membuka banyak aplikasi sekaligus. Jika memang ingin melakukan multitasking, sebaiknya jalankan 2 aplikasi saja. Hal ini untuk menghindari kinerja android yang lemot.

4. Factory Reset.

Factory Reset mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pengguna android. Factory reset atau kembali ke pengaturan pabrik memang sangat membantu dalam memperbaik masalah android. Salah satunya mengatasi android lemot.

Namun, cara satu ini bisa menghapus semua file yang tersimpan di memori internal, mulai dari aplikasi, kontak, foto, dan lain – lain. Untuk itu kamu disarankan melakukan backup file terlebih dulu. Tapi cara ini dijamin ampuh untuk mengatasi android lemot.

Baca juga :

Nah, itulah tutorial cara mudah mengatasi android lemot yang bisa teknomania bagikan. Semoga cara diatas bisa membantu kamu dalam meningkatkan kinerja android agar kembali lancar dan ngebut.

About the Author: Teknomania

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *