Cara Melacak HP Hilang Dengan Mudah

Cara Melacak HP Hilang Dengan Mudah – Ngomongin soal HP hilang, dijaman modern saat ini hampir semua HP sudah dibekali GPS. Dengan adanya GPS ini kita bisa lebih mudah melacak keberadaan HP tersebut. Jadi ada kemungkinan HP yang hilang bisa kita temukan.

Bahkan ada beberapa smartphone yang sudah dibekali fitur untuk melacak HP hilang. Contohnya pada Samung Galaxy, pengguna bisa melacak keberadaan HP-nya melalui fitur Find My Mobile dari Samsung. Fitur ini hanya bekerja di HP Samsung saja.

Lantas bagaimana jika kamu bukan pengguna Samsung Galaxy?

Nah, buat kamu yang bukan pengguna Samsung Galaxy, disini teknomania punya 2 cara melacak HP hilang, pertama lewat Google Map dan kedua lewat situs Find My Device.

Kedua cara ini membutuhkan akun Gmail, jadi pastikan kamu ingat akun Gmail yang terhubung di HP tersebut.

Sayangnya kedua cara yang teknomania bagikan punya kelemahan, yakni kamu tidak bisa melacak HP dalam keadaan mati atau GPS tidak aktif dan offline. Untuk melacak Hp dalam keadaan mati, teknomania sendiri juga belum tahu.

Jadi jika kasusnya HP tersebut hilang karena dicuri orang, cara ini memang kurang efektif. Walapun ada kemungkinan kamu bisa melacaknya, dengan catatan HP tersebut belum dimatikan atau di Reset.

Tapi, data yang ada di HP itu masih bisa kamu amankan dengan cara yang nanti akan teknomania bagikan. Walapun HP tersebut tidak bisa ditemukan,  setidaknya datamu masih bisa diamankan.

2 Cara Melacak HP Hilang Dengan Mudah.

Cara melacak HP hilang

Namun, untuk kasus HP hilang karena terjatuh atau lupa naruh kedua cara dibawah masih sangat efektif. Untuk panduannya, langsung saja kita simak langkah – langkah dibawah ini.

1. Melacak HP hilang lewat Google Maps.

Cara melacak HP hilang

Mungkin kamu tidak asing lagi dengan aplikasi Google Maps. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk melihat lokasi ataupun sebagai petunjuk arah ke tempat yang dituju.

Tapi bukan itu saja, aplikasi Google Maps juga bisa menyimpan data – data lokasi yang sebelumnya sudah kita kunjungi.

Untuk melihatnya kamu bisa buka aplikasi Google Maps di HP lain. Buka aplikasi Google Maps dengan akun Gmail yang terhubung di HP yang hilang. Selanjutnya masuk ke Menu Linimasa Anda yang ada di Google Maps.

Dalam menu ini kamu akan melihat History dari lokasi – lokasi yang kamu kunjungi pada hari itu. Dengan begitu kamu bisa tahu lokasi terakhir dari HP kamu. Tapi, cara ini hanya akan berkeja jika kamu sudah memberikan izin Google Maps untuk menyimpan History Lokasi-mu. Jadi jika belum mendapatkan izin, otomatis kamu tidak bisa melacaknya dengan cara ini

Meskipun begitu, kamu tidak usah khawatir. Jika tidak bisa melacak HP hilang dengan cara pertama, masih ada 1 cara lagi dibawah

Dan untuk jaga – jaga kedepannya lebih baik kamu aktifkan fitur History Lokasi yang ada di Google Maps. Untuk ulasan lengkap soal History Lokasi kamu bisa kunjungi support Google disini.

2. Cara melacak HP hilang lewat situs Find My Device.

Find My Device, sesuai dengan namanya tool yang Google buat ini bisa membantu kita menemukan HP yang hilang. Selain situs web, Find My Device juga sudah tersedia dalam bentuk aplikasi. Kamu bisa mendownloadnya disini. Tapi, jika ingin melacak lewat situsnya langsung saja klik tautan ini.

Cara melacak HP hilang

Silahkan masuk dengan akun Gmail milikmu. Setelah berhasil masuk, akan ada daftar nama HP yang terkait dengan akun tersebut. Silahkan pilih nama HP yang ingin dilacak, maka lokasi dari HP tersebut akan langsung muncul di peta. Keberadaan HP ditandai dengan warna hijau, kamu bisa Zoom untuk memperjelas lokasinya.

Selain menemukan keberadaan HP hilang, kamu juga bisa memberikan 3 perintah, seperti menderingkan HP, mengamankan perangkat, atau mereset perangkat tersebut dari jarak jauh. Jadi 2 dari ketiga perintah ini bisa membantu kamu mengamankan data yang ada di HP yang hilang.

Adapun kendala yang nantinya akan kamu alami ketika melakukan cara diatas :

  • Tidak bisa masuk ke akun karena membutuhkan verifikasi : Jika akun Gmail-mu menggunakan verifikasi 2 langkah, cara diatas akan sulit dilakukan. Karena untuk masuknya membutuhkan kode verifikasi yang dikirim ke nomor HP yang didaftarkan. Tapi jika sebelumnya sudah membuat Kode Cadangan, kamu tetep bisa masuk ke akun tersebut. Bagi yang belum tahu apa itu Kode Cadangan, silahkan lihat ulasan mengenai Kode Cadangan.

 

Baca Juga :

Itulah panduan cara melacak HP hilang yang bisa teknomania bagikan. Semoga cara diatas bisa membantu. Terimakasih sudah berkunjung.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *