Cara Factory Reset / Hard Reset Oppo Semua Tipe

Cara Hard Reset Oppo Semua Tipe

Buat pengguna Oppo, dalam artikel ini teknomania akan membagikan panduan Hard Reset Oppo. Untuk yang belum tahu apa itu Hard Reset, Hard Reset sebenarnya memiliki fungsi yang hampir sama seperti Factory Reset atau kembali ke pengaturan pabrik. Proses ini akan menghapus semua file yang tersimpan di memori internal dan mengembalikannya pengat2an awal.

Tujuan melakukan Hard Reset pada HP Oppo adalah untuk memulihkan kinerjanya agar cepat dan lancar kembali. Pasti kamu juga merasakan akan kinerja HP Oppo yang semakin melambat dan lemot.

Padahal waktu awal membelinya, HP Oppo tersebut sangat lancar dan nyaman di gunakan. Karena semakin lama digunakan, tentu akan ada banyak file yang tersimpan di dalam memori telepon tersebut. Mulai dari file penting hingga tidak penting.

Apa file yang tidak penting itu? File tersebut ialah berupa Cache. File Cache sendiri biasa kita sebut file sampah.

Ya, jika kamu membiarkan file Cache ini menumpuk tentu bisa membebani memori telepon kita. Lama kelamaan akan menyebabkan kinerja Android semakin lemot bahkan Error.

Jadi selain untuk mengatasi android yang lemot, melakukan Hard Reset juga menjadi solusi dalam memperbaiki HP android yang error, misalnya memperbaik bootloop dan android yang terkena virus .

Cara Factory Reset / Hard Reset Oppo Semua Tipe Dengan Mudah.

Cara Hard Reset Oppo Semua Tipe

Untuk melakukan Hard Reset atau Factory Reset, setiap smartphone memiliki caranya masing – masing. Nah, untuk Factory Reset / Hard Reset Oppo ada 2 cara yang akan Teknomania bagikan. Cara yang pertama ialah melalui menu pengaturan dan kedua melalui Recovery Mode.

Sebelum melakukan Hard Reset Oppo ada baiknya kamu backup dulu data – data penting yang tersimpan di memori internal ke kartu memori, seperti foto, kontak dan file -file lainnya. Agar file tersebut tidak ikut terhapus ketika proses Reset.

Jika semua file sudah di back up, langsung saja simak panduan Cara Factory Reset / Hard Reset Oppo Semua Tipe dibawah ini.

1. Cara Factory Reset Oppo Via Menu Setelan.

Bagi kamu yang tujuannya untuk membersihkan file Cache agar kinerja android lancar kembali, kamu bisa gunakan cara pertama. Karena cara ini cukup mudah dilakukan. Untuk langkah – langkahnya simak berikut ini.

  1. Pertama masuk ke menu Setelan yang ada di HP Oppo.
  2. Lalu gulir ke bawah, pilih Pengaturan Tambahan.Cara kembali ke setelan pabrik di HP Oppo
  3. Dalam menu Pengaturan Tambahan, gulir kebawah lagi lalu pilih Buat Cadangan dan Reset.
  4. Pilih Kembalikan ke Pengaturan Pabrik.Reset hp Oppo di pengaturan telepon
  5. Kemudian akan ada empat pilihan, di sini kamu pilih Hapus semua isi dan pengaturan. Opsi ini akan menghapus semua konten termasuk foto dan aplikasi.
  6. Selanjutnya proses reset akan berlangsung. Jika sudah selesai, perangkat akan melakukan Restart sendiri.

2. Cara Hard Reset Oppo Via Recovery Mode.

Nah, buat kamu yang mengalami masalah pada HP Oppo dan tidak bisa mengakses menu pengaturan, maka solusinya yaitu melakukan Hard Reset via Recovery Mode. Untuk melakukan cara ini HP kamu harus dalam keadaan off. Jadi matikan dulu HP-mu dengan menekan tombol power. Berikut ini langkah – langkahnya.

  • Setelah HP Oppo dalam keadaan mati, silahkan tekan dan tahan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan.
  • Kamu akan di bawa ke dalam menu Oppo Recovery. Disini kamu pilih bahasa English. Untuk memilih kamu bisa langsung menggunakan touchscreen atau menggunakan tombol volume. Kemudian tekan tombol Power untuk Ok.Cara factory Reset Oppo di Mode Recovery
  • Selanjutnya pilih Wipe Data atau Wipe Data and Cache.Cara masuk ColorOS Recovery
  • Pilih lagi Wipe Data And CacheLalu pilih Ok.
  • Kemudian proses reset akan berjalan. Setelah prosesnya sukses, pilih Reboot (untuk restart). Biasanya proses restart ini cukup lama. Jadi tunggu sampai HP kembali menyala dan masuk menu Home.

Itulah tutorial Cara Hard Reset Oppo Semua Tipe Dengan Mudah yang bisa teknomania bagikan. Semoga artikel ini bisa membantu. Terima kasih.

About the Author: Teknomania

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *