Cara Cek IMEI HP SAMSUNG, Xiaomi, Dan Merk lainnya

Cara cek IMEI Hp Samsung

Cara cek IMEI HP International Mobile Equipment Identity atau biasa disebut IMEI merupakan nomor unik yang dimiliki oleh setiap ponsel. Nomor IMEI sendiri terdiri dari 14 – 16 digit angka yang menjadi Identitas bagi ponsel tersebut. Dan masing – masing ponsel memiliki nomor yang berbeda.

IMEI bukan sekedar nomor unik, kode ini berisi segala informasi yang ada pada HP tersebut, mulai dari informasi Model, hingga perusahaan pembuatnya. Bahkan nomor IMEI juga bisa digunakan untuk melacak lokasi HP yang hilang (dengan cara khsusus). Dibeberapa negara penggunaan IMEI bisa mengurangi tingkat pencurian ponsel. Saking pentingnya, di Inggris Raya seseorang yang sengaja mengubah IMEI telepon akan dikenai pelanggaran (sudah dibuatkan undang – undangnya).

Jadi sudah sewajarnya kita sebagai pengguna harus mengetahui nomor IMEI yang ada pada HP. Karena dengan mengetahuinya, kita bisa mendapatkan berbagai manfaat. Selain bisa digunakan untuk melacak HP, kamu pun bisa mengecek keaslian HP milikmu melalui nomor IMEI ini.

Untuk melihat IMEI yang ada di HP sebenarnya sangat mudah. Cara yang paling sederhana, nomor unik ini bisa kita temukan di Dus Box HP tersebut. Jika dus Box HP-nya masih ada, kalian bisa langsung cek disana. Gambarnya seperti di bawah ini.

Cara cek imei hp Xiaomi
IMEI dari dus box hp Xiaomi

Itu jika kamu masih memiliki boxnya. Jika dus boxnya tidak ada atau hilang ? Jika dus box-nya sudah hilang, IMEI bisa kamu cek di HP-nya langsung.

Caranya ?

Buat yang belum tahu cara untuk cek IMEI Hp, kalian tidak usah khawatir. Karena disini teknomania akan membagikan panduan tentang cara mengecek IMEI di HP.  Untuk panduannya bisa kamu simak dibawah.

Cara Cek IMEI HP SAMSUNG, XIAOMI, SONY, dan merk lainnya.

Ada 3 cara cek IMEI HP yang bisa kamu lakukan. Disini kamu tidak usah repot – repot melakukan semuanya. Cukup pilih salah satunya saja, yang menurut-mu mudah dilakukan. Jadi simak baik – baik ulasan dibawah.

1. IMEI bisa dilihat di bagian bodi HP.

Selain di dus box, stiker IMEI juga bisa kamu temukan dibagian bodi HP. Bagi yang HP-nya menggunakan baterai non-removable, stiker ini biasanya ditempelkan di bagian body belakang. Bentuknya hanya stiker putih biasa (bukan permanen) yang bertuliskan IMEI dengan deretan nomor dan bisa di lepas kapan saja.

Cara cek IMEI Hp Samsung
Sebelah kiri adalah IMEI dari HP Lenovo ( baterai bisa dilepas) dan Kanan IMEI dari HP SAMSUNG (Non Removable)

Tapi untuk HP yang baterainya bisa dilepas, stiker IMEI bisa kamu temukan dibagian dalam bodi, letaknya di bawah baterai. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar diatas.

2. Cek IMEI HP melalui dial number.

Di cara kedua kamu bisa cek IMEI lewat dial number. Cara ini berlaku untuk semua jenis dan merk HP, seperti SAMSUNG, XIAOMI, OPPO, ASUS, dan masih banyak lagi. Caranya cek-nya :

  • Silahkan pergi ke menu Telepon.
  • Ketik dial number : *#06#
  • Selanjutnya akan muncul tampilan kode IMEI di layar ponsel-mu. Seperti gambar dibawah ini contohnya.Cara Cek IMEI di Semua merk HP

3. Cek IMEI lewat menu pengaturan.

Cara terakhir kamu bisa cek IMEI lewat menu pengaturan. Cara ini juga berlaku untuk semua HP ( khsusunya  HP android). Caranya ceknya :

  • Silahkan kamu pergi ke menu Pengaturan Telepon.
  • Gulir ke bawah, lalu pilih menu Tentang Ponsel.Cara melihat nomor IMEI di HP Android
  • Selanjutnya pilih menu Status.
  • Kemudian pilih menu Infomasi IMEI. Informasi dari nomor IMEI-mu akan muncul disana.

Cara Cek Keaslian HP Lewat Nomor IMEI.

Setelah mengetahui nomor IMEI yang ada pada HP-mu, kamu juga bisa mengecek keaslian HP tersebut lewat nomor IMEI. Cara ceknya :

  • Silahkan kunjungi situs IMEI.info.
  • Masukan nomor IMEI yang ada di HP-mu ke kolom yang ada di situs tersebut.Cara cek keaslian HP lewat nomor IMEI
  • Ceklis Saya Bukan Robot.
  • Klik Check.
  • Jika HP itu asli akan muncul semua informasi dari HP-mu, mulai dari nama model, sampai spesifikasi lengkapnya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Sinyal Hilang Di HP Android

Nah, itulah informasi yang bisa saya bagikan mengenai panduan untuk mengecek IMEI yang ada pada HP SAMSUNG, XIAOMI, Oppo, dan lainnya. Jangan lupa untuk mencatat dan menyimpan nomor IMEI-nya, siapa tahu kamu membutuhkan nomor tersebut suatu hari nanti. Semoga informasi diatas bisa membantu. Terimakasih atas kunjungannya.

About the Author: Teknomania

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *